Kapal “MV Aliyah Pratama” yang merupakan kapal pertama yang dimiliki oleh PT.Trans Energi logistik diresmikan langsung oleh Ir. Aliyah Sianne Salim selaku owner (pemilik) di Pelabuhan Batu Ampar, Kamis siang (26/7/2018).

Dalam sambutannya Aliyah mengatakan kapal MV Aliyah Pratama” merupakan kapal pertama yang dimiliki oleh PT. Trans Energi logistik,  dan saya harapkan menjadi pencetus berikutnya yang selalu kita dambakan”, ujarnya.

Menurutnya, kehadiran MV Aliyah Pratama” diharapkan ikut membantu peningkatkan pelayanan transportasi batubara.

“Semoga kapal ini bisa berlayar dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas yang baik dan bisa mengharumkan nama bangsa,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden Komisaris PT. Transcoal Pasific Ltd Achmad Sutjipto dalam sambutannya menjelaskan kapal Aliyah Pratama ini diberi nama sesuai dengan nama owner sendiri yang akan dioperasikan oleh PT. Transcoal Pasific, dengan adanya kapal ini tentu ikut berpartisipasi dan meningkatkan sektor energi terutama dalam bidang transportasi batubara.

Ir. Aliyah Sianne Salim, foto bersama dengan anak-anak yatim piatu

Nama MV Aliyah Pratama, diambil dari nama Aliyah yaitu Aliyah Sianne Salim selaku owner dan pratama yaitu,  karena merupakan kapal pertama yang dimiliki.

Achmad menuturkan Sebelumnya kapal ini adalah milik dari salah satu perusahaan negara Republik kepulauan Marsha, dibuat tahun 2001.

“Jadi, kata Achmad, sudah 17 tahun umurnya tetapi kapal ini tidak pernah uzur dan punya keunggulan relatif kapal muda yang akan dinakodai oleh Kapten Frederick berserta kru sebanyak 20,” beber Achmad.

Kapal “MV Aliyah Pratama” merupakan kapal pertama yang dimiliki oleh PT.Trans Energi logistik, yang akan membantu armada pengangkutan batu bara rute Kalimantan Barat- pulau jawa dan Sumatera, untuk mensuplay kebutuhan perusahaan listrik tenaga uap (PLTU) disana, kata President direktur Dirc Richard

Lebih lanjut Richard menyampaikan bahwa kapal ini adalah sebagai awal, dan nantinya akan ada kapal-kapal berikutnya. Dan untuk sementara kapal ini masih beroperasi di Indonesia, dan kedepan akan merambah keluar negeri.

Seperti diketahui bahwa MV Aliyah Pratama dibuat pada tahun 2001 di galangan kapal Tunishi Shipyard Jepang dengan spesifikasi umum sbb:

Panjang 182, 87 meter,  lebar 32,26 meter,kapasitas, 53,000 ton, kedalaman 12 meter, ruang palka 5 unit,  memiliki 4 unit crane dengan kapasitas/daya angkat per crane 30 ton, tonasenya 85,000 ton.

Dalam acara peresmian Kapal “MV Aliyah Pratama”, manajemen PT.Trans Energi logistik memberikan bantuan kepada anak-anak yatim yang diundang dalam acara tersebut.

(A.Z/Rega)

bat