Bagi temen yang ingin menggeluti Dunia EO, ada baiknya kita mengetahui Definisi EO itu sendiri. Event Organizer (EO) Terdiri dari 2 bahasa inggris yaitu event dan organizer. Dimana Event itu artinya Acara, Sedangkan Organizer itu Pengatur. Dengan pengetian harfiahnya adalah Sekumpulan orang yang mengatur acara, tapi jika di perdalam lagi pada aktifitas yang dilakukan akan menjadi sangat rumit karena pengaturan tersebut mencakup banyak orang yang mengerjakannya. Sebuah Tim yang solid yang mendapat tugas sesuai dengan keahlinya masing-masing. Sementara kata acara yang dimaksud pun memiliki berbagai arti, mulai dari pertunjukan seni musik, pameran, bazar, Wicara (Seminar, Workshop, Talk Show, dll), dan acara-acara pribadi seperti penikahan, ulang tahun, promosi jabatan, syukuran, dll.
Maka dari itu EO terlahir dari keinginan pihak yang mempunyai dana, dimana mereka memiliki tujuan yang diharapkan dapat mencapai tujuannya dengan melakukan rangkaian acara, dan tentu saja mereka  sebagai penyandang dana, mereka tidak mau repot-repot mengatur acara itu. mereka cukup memberi briefing singkat mengenai maksud dan tujuan yang ingin mereka capai, sementara untuk kreatif dan eksekusinya diserahkan kepada EO yang ditunjuk. Di sinilah Peran EO, yaitu membantu mewujudkan harapan dan tujuan dari penyandang dana. Melalui rangkaian acara:

  1. Mulai dari proses penciptaan konsep, 
  2. Persipan tempat, 
  3. perizinan, 
  4. Perlengkapan pendukung, 
  5. Jalannya acara
  6. Dokumentasi, 
  7. Sampai publikasi acara di media masa.

 

Sebagai profesional EO pun dituntut untuk mensukseskan acara yang akan diselenggaran dengan kreatifitasnya. Di era modern ini banyak perusahaan yang melakukan promosi produknya dengan menyelenggaran acara dengan maksud dan tujuan meningkat penjualan produknya. maka peran eo akan sangat dibutuhkan.

 

Mungkin itu saja dulu yang bisa saya sharingkan. Semoga Bermanfaat bagi yang berminat mendalami EO (Dunia Event Organizer)Referensi : Dari Buku Tentang EO : 7 Langkah Jitu Membantu Bisnis Event Organizer