Minggu, 19 Juli 2020
Dokumentasi Kondisi “BEFORE” dan Pelaksanaan Pembersihan sampah sampah yang terjangkau perahu dan pembuatan jalan setapak di taman Puspo Ngadilangkung Kecamatan Kepanjen Kab. Malang oleh relawan Peduli Lingkungan Hidup – SANGGARHATI METRO


Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia semakin kehilangan rasa peduli terhadap lingkungannya. Ada banyak kerusakan dan pencemaran lingkungan di sekitar kita yang disebabkan oleh perilaku manusianya itu sendiri. Salah satunya adalah pencemaran daerah aliran sungai dilingkungan sekitar kita karena tidak terkendalinya pembuangan sampah di sungai secara terus-menerus yang seakan membudaya di masyarakat dan dibiarkan begitu saja tanpa sadar akan dampak dari pencemaran tersebut.

Khususnya yang terjadi dialiran sungai metro yang semakin lama semakin banyak masyarakat atau warga disekitar sungai yang membuang sampah atau limbah industry berbahaya lainnya ke sungai, sehingga dampak dari kebiaasaan buruk tersebut mengancam habitat sungai dan juga bahaya-bahaya lainnya yang timbul akibat pencemaran sungai tersebut.

Seperti contohnya bencana banjir, bau busuk yang mengganggu kesehatan, kepunahan biota, dan masih banyak dampak-dampak pencemarannya lainnya.

Oleh karena itu kami sekelompok pemuda dan warga desa ngadilangkung khususnya kampong boktape yang berada di daerah aliran sungai METRO tergerak hati untuk merawat, menjaga, dan mengamankan kelestarian sumber daya air disekitar sungai metro dan aliran sungai metro itu sendiri.


VISI

Terciptanya keindahan dan kelestarian aliran sungai metro serta sumber daya air disekitarnya.

MISI 1.Terbentuk Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebersihan Kelestarian Lingkungan. 2.Terciptanya SADAR WISATA Di Dalam Masyarakat Sekitar Sungai Metro 3.Meningkatkan Pendapatan Warga Sekitar Daerah Aliran Sungai Metro


Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah : 1.Terciptanya lingkungan yang bersih, indah, dan lestari. 2.Sumber air yang banyak disekitar lingkungan tetap terjaga kelestariannya. 3.Kesadaran Masyarakat sekitar mulai tumbuh untuk menjaga lingkungan sekitar agar menjadi lebih baik. 4.Terciptanya Budaya Masyarakat Untuk membuang sampah pada tempatnya. 5.Terciptanya kelestarian biota sungai dan lebih dapat dimanfaatkan untuk menambah kesejahteraan warga sekitar, baik langsung maupun tidak langsung atau untuk dimanfaatkan sebagai tempat usaha wisata air dan lain-lain.